Selasa, 13 September 2011


Menambah Sheet Baru di Microsoft Excel

google+



Dalam membuat dokumen menggunakan program Microsoft Excel, untuk menambah halaman kita bisa menggunakan banyaknya sel yang terdapat dalam sebuah sheet. Atau kita bisa menambah sheet sebanyak yang kita inginkan. Jika menggunakan ruang sel pada sebuah sheet, mungkin akan terlihat kurang rapi dan bingung karena kita harus menggulung scroll untuk melihatnya. Tapi jika menggunakan banyaknya sheet akan lebih mudah dan menarik. Apalagi jika sheet yang dibuat diberi warna yang sesuai.

Sheet adalah halaman kerja pada program Microsoft Excel. Jika bisa digunakan untuk menambah halaman dari dokumen spreadsheet. Sheet juga bisa bermanfaat untuk memanajemen dokumen supaya terlihat rapi dan teratur.

Untuk menambah sheet di program spreadsheet kita bisa menjumpai aplikasi Microsoft Excel dan OpenOffice.


Menambah Sheet di Microsoft Excel

Langkah menambah sheet di Microsoft Excel adalah dengan cara klik kanan pada Sheet – pilih Insert.



Akan muncul jendela sebagai berikut. Pilihlah Worksheet untuk menambah sheet baru. Sheet yang baru akan ditambahkan di depan dari sheet yang dipilih.



Menambahkan sheet juga bisa dilakukan dengan klik Insert, pilih Sheet di tab Home.




Menambahkan Sheet di OpenOffice Calc

Hampir sama dengan di Microsoft Excel, menambahkan sheet di program OpenOffice caranya klik kanan pada sheet, pilih Insert Sheet. Jika di Microsoft Excel kita langsung dihadapkan pada pilihan jenis sheet dan ditampilkan di depan sheet yang dipilih, di OpenOffice kita bisa menentukan letak sheet dan bisa kita bisa mengambil sheet yang terdapat di file spreadsheet lain.



Akan muncul tampilan sebagai berikut. Tentukan sheet baru yang ditambahkan apakah akan diletakkan di depan sheet yang dipilih (Before current sheet) atau diletakkan di belakang/ setelah sheet yang dipilih (After current sheet). Kita juga bisa menentukan berapa jumlah sheet yang ditambahkan sekaligus dengan menentukan nomor sheet (No. of sheets). Jika yang ditambahkan satu sheet, kita bisa langsung memberi nama sheet di kolom Name. Selain itu, untuk mengambil sheet dari file spreadsheet, kita bisa memilih From File dan memilih file dengan klik tombol Browse. Klik OK untuk menambahkan.



Selain dengan cara di atas, di OpenOffice untuk menambahkan sheet baru bisa dilakukan dengan cara klik menu Insert – Sheet atau Sheet From File.

Semoga bermanfaat.


Tulisan Terkait:

Ditulis Oleh : Wikarso Fahri ~ Bloge Wikarso

Kepada para pembaca DIPERBOLEHKAN untuk mengutip sebagian atau seluruh tulisan ini dengan syarat:
  • Bukan untuk tujuan komersil.
  • Tulisan dikutip utuh tanpa ada penambahan atau pengurangan, ataupun digabungkan dengan tulisan yang lain yang bukan berasal dari Bloge Wikarso.
  • Setiap naskah kutipan harus menyebutkan sumber tulisan (seperti judul : Menambah Sheet Baru di Microsoft Excel, url : http://wikarso.blogspot.com, tanggal : Selasa, 13 September 2011, dll).
Terima kasih atas kunjungan serta kesediaan Anda membaca tulisan ini. Kritik dan saran dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar.

:: Get this widget ! ::


Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan masukkan email Anda pada kotak di bawah ini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di wikarso.blogspot.com

0 komentar:

Poskan Komentar